Minggu, 14 Oktober 2012

Ad-hoc (Manet) bag 1

Share this history on :

“Mobile Ad-hoc Network (MANET)”
Sebuah Terobosan Komunikasi Data
                Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini memunculkan tren baru dalam hal komunikasi. Salah satu komunikasi yang umum brjalan dalam jaringan komputer adalah komunikas-data. Prinsip komunikasi-data agar dapat berlangsung, harus memiliki antar muka komuikasi yang disebut protocol (protokol)
                Dalam komunikasi data tidak mutlak membutuhkan peran end-user (orang,manusa) untuk membangun komunikasi, melainkan dengan vices komputer itu sendiri yang peranan penting; sehinnga kominikasi-data  senantiasa bersifat non real-time. Beberapa contoh layana yang dikenal dalam komunikasi-data adalah : DownLoad, UpLoad, FTP, Chatting, VoIP, e-mail.
                Pada sebuah jaringan komputer dikenalbeberapa mode konfigurasi jaringan, yakni  point-to-point dan client/server. Pada mode point-to-point entitas server tidak dikenal karena seiap node yang berinteraksi menggunakan hubingan relasi satu ke satu sehinnga masing-masing node atau terminal dapatberperan sebagai server client; hal ini berbeda dengan mode konfigurasi dengan client, dimana ada satu node yang memiliki hierarki tertinggi dibandingkannode dalam satu relasi jaringan yang sama, dan peranannya untuk melakukan fungsi switching dan signaling. Node inilah yang disebut dengan server...


*Baca lebih lengkap di Koran Pikiran Rakyat edisi Cakra Wala, hari Kamis, 11 Okt 2012

Tidak ada komentar: